"πΊππππππ ππππππππ ππ ππππ πππππππ ππππ πππππππ πππππ ππππππ π ππππππ π ππππ π ππππππ πππππ ππππ, ππππ πππππππ πππππ ππππ π ππππππ π ππππ π ππππππ πππππ ππππ, π ππ ππππ πππππππ πππππππ ππππ ππππ πππππππ."
(Leroy Eims)
George Washington, ketika masih menjadi rektor sebelum memegang tampuk jabatan sebagai Presiden AS, setiap pagi selalu mengamati halaman kampus untuk melihat tingkah laku mahasiswa dan dosen yang memasuki kampusnya. Hari itu, suasana halaman kampus berbeda karena baru ditata ulang halaman dan tamannya. Begitu menikmati pengamatannya, dia sampai tidak sadar ketika seorang staf Bagian Umum sudah mengetuk pintu berkali-kali hendak lapor. Begitu pintu dibuka, staf tersebut melaporkan, "Pak Rektor yang terhormat, ternyata taman yang baru kita buat kemarin tidak memiliki jalan atau akses menuju ruangan kuliah mereka, mohon izin dari Pak Rektor supaya saya dapat membuat papan larangan untuk tidak menginjak rumput." George Washington lalu melihat ke taman, dan memang benar ada begitu banyak mahasiswa yang menginjak taman, padahal di seputar taman tersebut sudah ada jalan walaupun sedikit memutar. Kemudian, sang rektor berkata kepada orang dari Bagian Umum tersebut, "Begini saja, jangan buat papan larangan menginjak rumput, tetapi buatlah jalan setapak di atas taman tersebut dengan penataan yang baik, berliku-liku memotong taman tersebut, dan dihiasi dengan batu-batu koral."
Seminggu kemudian, seperti biasa Washington melihat kembali ke taman, dan tidak ada tanda larangan. Namun, kini semua mahasiswa melewati jalan setapak yang baru dibuat tanpa ada seorang pun yang menginjak taman.
Memimpin adalah bagaimana memberikan pengaruh positif kepada orang lain agar mau mengikuti dan melaksanakan tugas yang sudah disepakati bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan tulus dan ikhlas.[]
"πππππππ ππππππππ ππππππ πππππ π’πππ ππππππππππ πππππππ’π, πππππππππ πππππππ’π, πππ πππππππππππ πππππππ’π."
(John C. Maxwell)
Dari buku
"FULFILLING LIFE" Merayakan Hidup Yang Bukan Main
Tidak ada komentar:
Posting Komentar